Thursday, May 27, 2010

Penjualan komputer global naik

JAKARTA (Bisnis.com): Penjualan komputer global tahun ini diprediksi mencapai 376,6 juta unit, naik 22% dibandingkan dengan penjualan tahun lalu sebanyak 308,3 juta unit dengan nilai belanja mencapai US$254,4 miliar, naik 12% dari 2009.

Ranjit Atwal, Principal Research Analis Gartnet, mengatakan hasil riset terbaru menunjukkan tren penjualan yang semakin baik, khususnya bagi komputer untuk segmen pengguna keluarga dengan pertumbuhan hingga 29,5% atau lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pada pasar profesional sebesar 13,1% tahun ini.

“Permintaan komputer terus menguat, meskipun masih ada ketidakpastian akibat krisis keuangan global. Konsumen kini melihat komputer sebagai sebuah kebutuhan, bukan lagi barang mewah,” ujarnya, hari ini.

Bagi segmen pasar profesional, terjadi perubahan dalam melihat masa penggunaan komputer. Mereka memilih melakukan peningkatan kemampuan piranti lunak dibandingkan dengan membeli komputer baru untuk efisiensi pengeluaran.

Sistem operasi keluaran Windows terbaru, Windows 7 menjadi salah satu piranti lunak yang memperoleh permintaan tinggi dari segmen profesional untuk menggantikan sistem operasi generasi sebelumnya. Migrasi ke Windosws 7 diprediksi berlangsung hingga 2012.

Ranjit menambahkan penjualan netbook masih akan terus mengalami pertumbuhan, namun data tren menunjukkan pertumbuhan penjualan akan mulai melambat seiring matangnya pasar. Penjualan netbook global diprediksi mencapai 41,8 juta unit sepanjang 2010, tumbuh 30% dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 32,1 juta unit.

Produk netbook akan menyumbang 18,6% dari total penjualan komputer tahun ini dan diprediksi turun hingga 13,9% pada 2014.

“Segmen netbook akan terkena imbas meningkatnya penjualan produk ULV [ultralow voltage] yang lebih murah dengan konsumsi energi paling kecil dibandingkan varian produk komputer lainnya,” ujarnya.

Lembaga riset Gartner memasukkan produk komputer laar sentuh dengan sistem operasi lengkap dengan layar di bawah 5 inci sebagai media tablet. Salah satu produk yang masuk dalam kategori ini adalah iPad.

“Produk media tablet akan berpengaruh pada pasar komputer, khususnya netbook namun bukan tahun ini. Kesamaan fungsi yang dimiliki dengan keunggulan lebih pada fitur media tablet akan terasa menurunkan penjualan netbook mulai 2013,” ujarnya. (ts)

Sumber : www.Kompas.com

1 comments:

Unknown

InfoTech is really helpful. Always on progress and let's share each other. Best regard fromYogya!
Thankyou!

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Entri Popular

 

Donatur dan Langganan Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger